BINTAN AUCTION

Bintan Auction adalah suatu pelelangan alat-alat berat bekas yang dilaksanakan 3 kali setahun dan diselenggarakan oleh Perusahaan Bintan Auctioneers Pte Ltd bekerjasama dengan Perusahaan Tiger Co., Ltd, Nissho Iwai Corporation beserta P.T Kijang Indah Lestari

TEMPAT PELELANGAN

Tempat Pelelangan berada di Kawasan Daerah Bebas Pajak, di Kijang, dengan jarak 25km dari Tanjung Pinang, Pulau Bintan. Pulau Bintan adalah pulau yang terbesar dari 2000 lebih pulau di Kabupaten Kepulauan Riau, Propinsi Riau, salah satu dari 26 propinsi di Indonesia.

RUTE-RUTE KE TEMPAT PELELANGAN

Dari Bandara International Singapura dengan taksi menuju ke Tanah Merah Ferry Terminal untuk naik ferry menuju ke lokasi, melalui:

1. Bintan Resorts (Bandar Bentan Telani Ferry Terminal) LK 45 menit. Hotel-hotel yang ada : Bintan Lagoon, Banyan Tree, Mana-Mana Hotel. Jarak ke lokasi pelelangan lebih kurang 100km.

2. Tanjung Pinang (Sri Bintan Pura Ferry Terminal) LK 90 menit. Hotel-hotel yang ada : Hotel Royal Palace, Hotel Furia, Hotel Sanno, Hotel Bintan Permata. Jarak ke lokasi pelelangan lebih kurang 25km. Tanjung Pinang adalah kota yang terbesar di Pulau Bintan.

ATAU

3. Dari Singapore World Trade Centre, naik ferry menuju ke Pulau Batam (Sekupang atau Batu Ampar) atau dari kota lainnya di Indonesia dengan pesawat udara menuju ke Batam (Bandara Hang Nadim). Dari Terminal Ferry atau Bandara Hang Nadim dengan taksi ke pelabuhan Telaga Punggur. Selanjutnya menggunakan speedboat / ferry ke Tanjung Pinang dengan waktu lebih kurang 45 menit. Speedboat / Ferry berangkat setiap jam mulai dari jam 0800 WIB pagi sehingga jam 1700 WIB.

UNRESERVED

Bintan Auction melaksanakan pelelangan dengan system UNRESERVED berarti setiap peralatan dijual kepada penawar tertinggi tanpa adanya pemesanan terlebih dahulu, serta tanpa adanya harga minimal.

PROSEDUR

I. CARA PENDAFTARAN SEBAGAI PESERTA LELANG / PEMBELI
II. PEMERIKSAAN ALAT-ALAT
III.TEKNIS PENAWARAN
IV. SYARAT-SYARAT PELELANGAN
V. SYARAT-SYART PEMBAYARAN

I. CARA PENDAFTARAN SEBAGAI PESERTA LELANG / PEMBELI
Hanya Peserta Lelang / Pembeli yang terdaftar diperbolehkan untuk ikut berpartisipasi dalam pelelangan. Tempat-tempat pendaftaran :

a) No. 5 Martaban Road, Singapore 328636
Tilp : 65 253 4318 Fax : 652544318, 2504318
b) Jalan Gudang Minyak No.133, Tanjung Pinang, Riau, Indonesia.
Tilp: 62 771 22170, 21741 Fax: 62 771 22888, 28888
c) Kantor Pelelangan di lokasi Km 25 Kijang, Bintan Island, Riau, Indonesia
Tilp: 62 771 462297 Fax: 62 771 462298

Syarat-syarat Pendaftaran:
i) Fotocopy Identitas diri yang jelas (Passpor, SIM dan Tanda Pengenal lainnya yang masih berlaku).
ii) Memberikan Kartu business.
iii) Menyetor Uang Tunai/Setoran Bank sebagai Jaminan Peserta Lelang yang bernilai sebesar US$5,000.00 atau Rp.60.000.0000 at S$9,000.00

Uang Jaminan Peserta Lelang untuk mengikuti lelang dapat disctor di:

Untuk mata uang US$
Bintan Auctioneers Pte Ltd
The Sanwa Bank Limited, Singapore Branch,
6 Raffles Quay
#24-01 John Hancock Tower,
Singapore 048580
A/C No. 629282

Untuk mata uang Singapore $
Bintan Auctioneers Pte Ltd
DBS Bank
Shenton Way Branch,
6 Shenton Way, DBS Building
Singapore 068809
A/C No : 001-071609-3

Untuk mata uang Rupiah Indonesia
P/T Kijang Indah Lestari
Bank Lippo
Tanjung Pinang Branch,
Jalan Merdeka,
Tanjung Pinang, Riau
Indonesia
A/C No : 512-30-09100-0

Semua Peserta Lelang yang terdaftar akan mendapat Buku Panduan Lelang (Auction Catalogue) yang menunjukkan Nomor Peserta Lelang dan daftar alat yang akan dilelang.
Bagi yang berhasil dalam pelelangan, Uang Jaminan Peserta Lelang dapat diperhitungkan langsung dengan harga pembelian yang harus dibayar berdasarkan nilai tukar yang berlaku atas US$ pada saat pelelangan.

Bagi Peserta Lelang / Pembeli yang tidak berhasil, Uang Jaminan Peserta Lelang dapat dicairkan dan dikembalikan segera setelah pelelangan selesai.

II. PEMERIKSAAN ALAT-ALAT
Pelaksana Lelang menyarankan kepada Peserta Lelang untuk memeriksa dan meneliti alat-alat yang diminati sebelum hari pelelangan. Kunci-Kunci untuk masing-masing alat berada dikantor lokasi dan dapat diminta untuk pemeriksaan.
Tanggal 23 - 25 November 2001

III. TEKNIS PENAWARAN
Dengan tidak ada ketentuan batas minimal harga bagi semua alat-alat atau lot yang akan dillelang, maka untuk mumulai penawaran Pelaksana Lelang akan menyebut 2 harga (Contoh : $1,000 & $1,500.00) dimana harga yang lebih tinggi ($1,500) adalah harga yang ditawar oleh Pelaksana Lelang sedangkan harga yang rendah ($1,000) adalah harga yang ditawar peserta lelang. Naik turunnya harga adalah tergantung pada peserta lelang yang berpartisipasi dalam penawaran. Pelelangan suatu alat atau lot akan selesai apabila Pelaksana Lelang menawarkan alat atau lot tersebut beberapa kali dan tidak ada yang menawar lagi, maka penawar dengan harga $1,000 menjadi pemenang.

Faktur pembelian bagi setiap peralatan yang terjual akan langsung diberikan kepada pemenang untuk ditanda tangani sebagai tanda jadi, Salinan dari Faktur tersebut akan diberikan kepada pembeli sebagai bukti pembelian guna penyelesaian pembayaran lebih lanjut.

Peserta lelang dapat melihat harga yang ditawarkan oleh Pelaksana Lelang (yaitu $1,500) di layar kenderaan Pelaksana Lelang dan di kiri kanan dan depan Auditorium.

Semua penawar harus secara jelas memberikan penawarannya dengan menaikkan tangan dengan memegang Buku Panduan lelang (Auction Catalogue) yang bernomor supaya Pelaksana Lelang dapat mengumumkan nomornya apabila menjadi pemenang.

Setiap alat / lot akan ditawarkan dalam jangka waktu 1 menit.

SYARAT-SYARAT PELELANGAN
Pelelangan dilaksanakan dalam mata uang US Dollar.

Untuk memudahkan Peserta Lelang, UANG JAMINAN PESERTA LELANG dapat dibayar dalam bentuk mata uang US Dollar, Singapore Dollar atau Rupiah Indonesia. Pembayaran untuk alat-alat yang dimenangkan harus dilakukan dalam US$ dengan Uang tunai atau pengiriman ke rekening bank Pelaksana Lelang yaitu SANWA BANK CABANG SINGAPORE dalam jangka waktu 7 (tujuh) hari setelah Pelelangan. Apabila pembayaran tidak dilunaskan, maka uang Jaminan Peserta Lelang tersebut akan hangus. Alat-alat yang telah dimenangkan tidak diizinkan untuk dipindah atau dibawa keluar dari lokasi pelelangan sebelum pembayaran dilunasi. Pembayaran dianggap sah jika cek pribadi / perusahaan dapat dicairkan oleh Pelaksana Lelang.

PENGUMUMAN KEPADA PEMBELI
A) Pemenang Lelang yang ingin membawa alat-alat ke Wilayah Pabean Indonesia lainnya diharuskan mengurus semua dokumen impor serta membayar bea masuk dan pajak. Bagi beberapa peralatan yang bea masuk dan pajaknya telah dibayar akan diberi tanda didalam buku Panduan Lelang (Auction Catalogue). Dilokasi Pelelangan ada Pusat Pelayanan Informasi dimana semua informasi tentang impor dapat diperoleh. Sebagai tambahan, untuk mendapat informasi lebih lanjut juga dapat menghubungi internet Department Perindustrian & Perdagangan Indonesia ; www.dprin.go.id

B) Lokasi Pelelangan adalah Gudang Berikat (Daerah Bebas bea Masuk dan Pajak) maka untuk Pemenang Lelang yang ingin membawa alat-alat ke luar negeri melalui Singapura, sama sekali tidak dikenakan bea ekspor dan pajak. Pelaksana Lelang akan menyediakan kapal angkutan secara Cuma Cuma dari Kijang ke Singapura. Perlu diketahui bahwa Pelaksana Lelang mempunyai pelabuhan sendiri yang terletak dilokasi pelelangan untuk bongkar muat alat-alat.

BIAYA GUDANG
Perusahan Lelang memberi waktu selama 90 hari kepada para pemenang lelang untuk menyimpan barangnya dilokasi pelelangan tanpa biaya.

"PESERTA ABSEN"
Apabila Peserta Lelang berhalangan hadir pada hari pelelangan tetapi berkeinginan membeli alat, Peserta Lelang dapat mengubungi Pelaksana Lelang untuk pemesanan "Peserta Absen".

Selanjutnya sewaktu lelang, Pelaksana Lelang akan mengumumkan untuk Lot tersebut ada pemesanan "Peserta Absen" sekaligus dengan harga yang diberikan dan jika harga penawaran tersebut adalah tertinggi, maka "Peserta Absen" akan menjadi Pemenang. Namun demikian, untuk melaksanakannya, Peserta Lelang diharuskan membayar sebesar 25% sebagai "Uang Jaminan" dari harga yang di pesan. Untuk pengaturannya "Peserta Absen" harus memberitahukan kepada Pelaksana Lelang waktu 1 minggu sebelum pelelangan.

APABILA ANDA MEMBUTUHKAN BANTUAN,
SEGERA HUBUNGI
NOMBOR TILPON DI BAWAH INI :
TEMPAT LELANG : 0771 - 462297, 0771 - 462298
KANTOR DI TANJUNG PINANG : 0771 - 21307, 0771 - 22384

JARINGAN UNTUK HANDPHONE DAPAT TERCAPAI DI
SEKITAR LOKASI PELELANGAN